Saya tidak sependapat kalau dikatakan menulis itu gampang hal ini gara gara waktu jalan jalan ke toko buku gramedia , saya melihat sebuah buku yang berjudul “menulis itu gampang” karena untuk bisa menulis ada prasyarat yang harus dipenuhi lalu dilakukan saya sendiri kalau disuruh menulis akan mikir 1000 kali apalagi kalau harus menulis sampai sampai lebih dari 1 halaman kertas HVS hal itu menguras tenaga dan pikiran jadi menulis tidak gampang jadi saya tidak sependapat kalau dikatakan menulis itu gampang, bahkan kalau disuruh memilih antara menulis dan menggambar maka akan lebih saya pilih aktifitas menggambar dan ini juga menular kepada anak anak saya kalau disuruh menulis agak ogah ogahan tapi kalau disuruh menggambar mereka akan dengan senang hati dan riang gembira melakukan walaupun harus menggabiskan setengah rim kertas A4…!.


Saya juga teringat saat masih di sekolah dasar kalau nggak mengerjakan PR (pekerjaan rumah) maka oleh wali kelas saya dihukum untuk menulis kalimat “ saya berjanji akan mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru” sampai 5 (lima) halaman buku tulis, hal ini membuat saya kurang suka menulis…!, jujur saya katakana pekerjaan menulis itu sesuatu yang membosankan …! Saya menanyakan kepada teman teman apakah mereka sanggup menyelesaikan tulisan 2 (dua) sebanyak lembar kertas HVS A4 dari kesepuluh orang yang saya tanyakan 9 orang mengatakan tidak mau menulis sebanyak itu, aha berarti pendapat saya didukung oleh kesembilan orang teman J, justru kami heran kalau ada teman yang mau menulis sebanyak itu.


Dan sampai sekarang kalau tawaran menulis saya akan tolak saya katakan saya tidak suka menulis karena bikin tangan pegal , pernah ada teman yang minta tolong untuk dibuatkan essai lalu saya katakana saya tidak suka menulis ,lalu teman saya balik berkata “lho tapi kamu kan kemarin menuliskan naskah yang berisi komenter kamu tentang sebuah iklan untuk produk makanan..?!. “ teman saya seperti tidak percaya kalau saya katakana saya tidak suka menulis, maka saya jawab sambil senyum “selama ini saya tidak pernah menulis menggunakan pena atau pensil kecuali untuk tanda tangan saja, saya lebih suka mengetik karena kalau harus menulis 1000 kata bisa bisa tangan saya ini kram (kesemutan) tapi kalau mengetik dengan bantuan computer mau sampai 200 halaman saya juga mau dan senang aja “. Teman saya hanya tersenyum sambil berkata “emang kamu itu pintar kalau mengotak atik kata, menulis nggak mau tapi kalau mengetik atau menulis menggunakan computer mau , itu ya sama aja alias sami mawon kalo orang jawa bilang.


Kalau menurut kamus besar bahasa Indonesia me·nu·lis v 1 membuat huruf (angka dsb) dng pena (pensil, kapur, dsb): anak-anak sedang belajar ~; melukis baginya merupakan kesenangan yg dimulai sebelum ia belajar ~; 2 melahirkan pikiran atau perasaan (spt mengarang, membuat surat) dng tulisan: ~ roman (cerita), mengarang cerita; ~ surat membuat surat; berkirim surat; 3 menggambar; melukis: ~ gambar pemandangan; 4 membatik (kain): lebih mudah mencetak dp ~ kain;

Mohon maaf kalau ada salah kata dalam menulis eit maaf maksud saya mengetik keyboard :)



0 comments