poMedia mana yang paling tepat untuk beriklan …? Hal ini mungkin bisa jadi salah satu pertanyaan bagi anda yang ingin melakukan kampanye pemasaran, untuk menjawab pertanyaan yang “sederhana” ini ternyata menjadi tidak sederhana karena harus mengamati dan melihat berbagai aspek seperti

1.Sasaran iklan

2.Luas area atau jangkauan dari iklan

3.Biaya atau budget yang akan “dipertaruhkan” untuk iklan

4.Perkiraan lama iklan yang dibutuhkan agar bisa “mengena” kepada konsumen

5.Pemilihan tempat,waktu dan mungkin rating yang tepat

6.. dan seterusnya bisa anda tambahkan…

Kelima poin diatas itu merupakan pondasi yang cukup mewakili dari aspek aspek yang perlu dipertimbangkan bagi pengiklan, walau tidak menutup kemungkinan bisa lebih dari kelima poin diatas.

Sebagai seorang pengusaha yang tentunya berorentasi kepada peningkatan hasil penjualan, dan urusan iklan merupakan kebutuhan wajib karena dengan iklan yang berhasil akan mengdongkrak peningkatan omzet penjualan yang berarti keuntungan perusahaan meningkat, dan bagi perusahaan yang memperkenalkan produk baru yang harus bersaing dengan pemain lama tentunya harus menggunakan iklan yang tepat dan mengena ,namun tidak mengakibat kerugian biaya akibat iklan yang ditimbulkan karena biaya yang mengelembung dan terbuang akibat iklan yang tidak mengena sasaran.

lalu apakah iklan itu perlu dan tetap diperlukan walau produk kita sudah dikenal ?, sebelum anda menjawab saya akan ajukan pertanyaan yang lagi , apakah anda pernah melihat iklan Teh botol sosro …? Ternyata perusahaan teh yang sudah sangat kondang dan sudah pula memiliki “pelanggan sendiri masih tetap memerlukan iklan, baik melalui media TV, cetak dan radio untuk memelihara loyalitas pelanggan teh tersebut.

Perihal pemilihan media yang tepat bagi produk yang akan diiklan seperti yang saya singgung diatas meliputi banyak aspek, namun secara sederhana yang anda perlukan yaitu membuat iklan yang murah,komunikatif ,efektif yang menggena kepada target pasar, contohnya jika anda menjual produk burger hal sederhana yang perlu anda lakukan dalam sebelum memulai kampanye produk adalah memilih kalimat yang mampu menghipnotis konsumen baik melalui media radio local, Koran dan pamlet ( brosur).

0 comments