Sebelum sebuah iklan ditayangkan di televisi urusan membuat naskah iklan Televisi menurut pengamatan saya bukan hal mudah,tanggapan ini bukan karena saya pakar dalam urusan pembuatan naskah iklan untuk televisi, saya hanya seorang pengamat iklan televisi atau tepatnya seorang yang ingin belajar tentang iklan dan untuk keberhasilan sebuah iklan yang ditayangkan di televisi menyangkut banyak faktor namun hal utama yang menjadi perhatian saya yaitu bagaimana iklan yang ditayangkan walau dengan durasi yang singkat rata rata perkiraan untuk iklan televise antara 15 detik sampai 30 detik hanya segelintir iklan yang mempunyai durasi sampai 1 (satu) menit.

Disitulah tantangan bagi pembuat naskah iklan dan team, berupaya agar iklan yang dibuat bisa sukses membuat penonton televisi selalu mengingat produk yang diiklankan, saya pribadi sebenarnya menginginkan sekali bisa mendapatkan buku buku yang membahas secara mendalam pembuatan iklan televise, saat ini saya sebatas pengetahuan otodidak dan dari hasil search atau pencarian di dunia maya atau internet, atau jika pembaca blog ini punya rekomendasi buku yang bisa saya dapatkan saya akan berterima kasih sekali.

Karena seringnya sebuah iklan ditayangkan membuat saya bisa melihat secara mendalam dan mencoba memberi penilaian terhadap iklan tersebut, contohnya seperti iklan Yamaha yang di bintangi oleh Dedy Mizwar, Didi Petet dan Komeng (pemeran lainnya saya kagak kenal hihi) termasuk kategori iklan yang punya nilai nilai pendekatan emotional sense karena dengan dibintangi Dedi Mizwar dan Didi Petet yang mencerminkan atau menggambarkan sosok ayah yang bijaksana dan komeng yang mencerminkan sosok remaja yang penuh semangat adalah kombinasi yang sempurna, dengan durasi yang singkat namun mampu menyentuh seluruh aspek dan berhasil memberikan gambaran kepada penonton bahwa Yamaha itu motor yang selalu terdepan dan sangat pas dengan selera kaum muda dan direkomendasi oleh para ayah J

Dan tidak kalah menarik adalah kalimat penutup “ Yamaha selalu terdepan, yang lain ketinggalan “, ini adalah magic word yang membuat orang selalu mengingat bahwa motor yang handal adalah Yamaha.

0 comments