Itulah mungkin komentar yang terucap saat orang melihat iklan yang bertema seputar rokok , saya tidak membicarakan peraturan atau kebijakan yang mengatur penayangan iklan rokok di media TV karena itu beda jurusan dengan saya sebagai seorang pengamat dan (calon) pembuat naskah iklan J atau jika pembaca lebih paham tentang aturan pemerintah seputar Iklan rokok ya monggo silahkan tulis komentar diblog ini, kita kembali ke lapto (heheh punya tukul ) kembali ke tayangan iklan rokok yang “terkesan” nggak nyambung bagi sebagaian besar penonton TV hal ini bisa dimaklumi karena memang untuk iklan jenis ini (Rokok) tidak diperboleh secara jelas memperlihat aktifitas merokok , nah beda dengan jenis iklan minuman misalnya teh sariwangi yang pemirsa atau penonton bisa langsung melihat adegan minum tea atau sama dengan iklan susu yang memperlihatkan adegan minum susu.

Disinilah perbedaan iklan rokok dengan iklan yang bukan rokok, dan saat ini saya sering mengamati setiap jenis iklan tv hal ini saya lakukan bukan karena saya berprofesi sebagai pembuat naskah iklan atau biro iklan namun semata mata karena Tayangan iklan di stasiun Televisi Indonesia ini yang paling banyak apalagi kalau acaranya punya rating tinggi bisa tiap 5 menit sekali jeda waktu untuk iklan , jadi karena malas gonta ganti channel akhirnya yang saya tonton aja semua iklan yang ditayangkan J.

Hal yang menarik bagi saya adalah Iklan rokok tidak secara “terang terangan”mengajak,merayu atau membujuk pemirsa atau penonton namun ternyata mampu menanamkan kebawah sadar pemirsa untuk selalu mengingat produk yang sedang di iklankan disinilah dituntut kreatifitas bagi pembuat naskah iklan rokok, coba deh anda tonton iklan rokok terbaru dari A-Mild Sampoerna yang menayangkan Baut, Mur dan seorang wanita muda cantik walau dalam iklan ini tidak ada adegan merokok atau pun memegang bungkus rokok namun Iklan A-mild ini saya anggap memiliki daya tarik yaitu dengan memberikan umpan untuk mengajak pemirsa secara tidak langsung menjawab atau setidaknya memikirkan “selintas” jawaban perihal gonta ganti bini dan pacar . Jadi apakah iklan rokok tidak nyambung ya ..?

0 comments